Pengertian Ilmu Komunikasi Dan Penjelasannya

Apa itu ilmu komunikasi? berikut ini pembahasan mengenai pengertian ilmu komunikasi secara jelas. Ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang tata cara beromunikasi serta menggunakan berbagai alat komunikasi sebagai saran komunikasi terhadap masyarakat.
Adapun definisi ilmu komunikasi yang lain yaitu ilmu yang mempelajari cara-cara untuk mentransfer ide dari satu individu atau grup ke individu ataupun ke grup yang lainnya. Proses transfer itu sendiri dapat melalui media tertulis, lisan, maupun media yang lainnya.
Sedangkan pengertian ilmu komunikasi menurut para ahli atau beberapa pakar dalam buku Sasa Djuarsa Sendjaja, Pengantar Ilmu Komunikasi, salah satunya yaitu Berelson & Stainer, 1964 mengatakan bahwa komunikasi adalah proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian, dan lain-lain menggunakan simbol-simbol, seperti kata-kata, gambar, angka, dan lain-lain.
A. Unsur-Unsur komunikasi, diantaranya:
Sumber / komunikator – semua peristiwa komunikasi akan melibatkan sumber sebagai pembuat atau sebagai pengirim informasi. Di dalam komunikasi antara manusia, sumber bisa terdiri dari satu orang, Akan tetapi dapat juga dalam bentuk kelompok misalnya seperti partai, organisasi ataupun lembaga. Sumber sering disebut sebagai pengirim, Komunikator (orang yang menyampaikan pesan kepada si penerima) jika dalam bahasa Inggris disebut dengan source, sender, ataupun encoder.
Pesan – keseluruhan dari apa yang disampaikan oleh komunikator. Pesan ini memiliki inti pesan yang sebenarnya menjadi pengarah di dalam usaha mencoba mengubah sikap dan juga tingkah laku komunikan. Pesan bisa secara panjang lebar mengupas berbagai segi, tetapi inti pesan dari komunikasi akan selalu mengarah kepada tujuan akhir dari komunikasi tersebut.



Channel/Saluran/Media – saluran penyampaian pesan, biasanya disebut juga dengan media. Media komunikasi dapat dikategorikan ke dalam 2 (dua) bagian, diantaranya yaitu media umum dan media massa. Media umum yaitu suatu media yang dapat dipakai oleh segala bentuk komunikasi, Seperti radio dan lain sebagainya. Media massa yaitu suatu media yang dipakai untuk komunikasi massa, seperti misalnya televisi.
Penerima  –  pihak yang menjadi sasaran dari pesan yang dikirim oleh sumber atau komunikator. Penerima pesan bisa terdiri satu orang atau lebih, bisa dalam bentuk kelempok, Negara, dan lain-lain.
Feedback / Umpan balik – informasi yang dikirimkan balik ke sumbernya. Feedback dapat berasal dari individu itu sendiri maupun orang lain. Dalam diagram universal komunikasi tanda panah dari satu sumber – penerima ke sumber-penerima lainnya dalam kedua arah adalah umpan balik. Kalau kamu menyampaikan pesan, seperti misalnya dengan cara berbicara kepada orang lain kamu juga mendengar diri kamu sendiri. Artinya, kamu menerima umpan balik/feedback dari pesan kamu sendiri. Kamu mendengar apa yang kamu katakan, kamu merasakan gerakan sendiri, dan kamu juga melihat apa yang kamu tulis. Selain umpan balik sendiri ini, kamu menerima umpan balik dari orang lain. Umpan balik tersebut dapat datang dalam berbagai bentuk, misalnya: Anggukan atau gelengan kepala, tepukan di bahu atau tamparan di pipi, Kerutan dahi atau senyuman, semuanya itu adalah bentuk dari umpan balik.
Untuk lebih jelasnya dibawah ini macam-macam umpan balik atau feedback, yaitu terdiri dari:
  • Zero feedback: pesan yang tidak  dimengerti oleh komunikan.
  • Positive feedback: pesan yang dimengerti oleh komunikan
  • Neutral feedback: respon yang tidak memihak atau tidak mendukung ataupun menentang.
  • Negative feedback: yaitu respon yang bersifat merugikan atau menyudutkan komunikator/sumber.
Itulah pembahasan mengenai definisi atau pengertian ilmu komunikasi semoga artikel yang singkat ini dapat bermanfaat…

Pengertian Ilmu Komunikasi Dan Penjelasannya Pengertian Ilmu Komunikasi Dan Penjelasannya Reviewed by Bimo mars molenz on 01.58 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.